Travelling ke Barat Jerman (3): Bruhl-Cologne

Setelah menjelajah Bonn kemarin, hari ini gue akan meninggalkan Bonn dan rumah Laura yang hangat hahahahha. Agenda hari ini adalah ke satu kota yang namanya Bruhl, yang letaknya antara Cologne dan Bonn, dimana ada Augustusburg Palace, salah satu istana warisan UNESCO, kemudian balik ke Cologne dan jalan-jalan di sana sambil nunggu Megabus pulang ke Mulhouse jam 10 malam.

Augustusburg Palace ini letaknya persis di depan stasiun kota Bruhl. Dari luar keliatan banget bentuknya simetris, macam istana-istana Prancis. Istana ini bergaya Rococo dan disebut2 sebagai salah satu istana Rococo yang pertama dibangun di Jerman. Untuk masuk ke dalam gue harus membayar 5 Euro (harga pelajar). Begitu masuk ke dalam.. Jreng jreng jreng! Istananya bagus bangettt! Pantes ga boleh motret (oops, ketawan deh gue motretnya diem2). Istana ini dibangun dengan mandat dari Elector dan Uskup Cologne Clemens August pada tahun 1725. Ceritanya memang dia menghambur-hamburkan duit banget buat ngebangun istana ini. Langsung aja intip fotonya ya!

IMG_4316

IMG_4327

IMG_4331

Di luar, ada taman gede banget yang bentuknya juga simetris. Katanya taman ini dibangun oleh salah satu murid dari arsitek taman di Istana Versailles. Keren ! Pas jam makan siang, gue makan dengan bekal dari Laura, tongseng ! Hahahhaa. Indahnya dunia, bisa makan makanan Indonesia beberapa hari ini. Makasih Laura! :* (ssstt.. Laura ini punya catering loh di Bonn, yang ada deket situ dan kangen makanan Indo, mungkin bisa kontak dia hahahhaha). Sayangnya acara makan di pinggir taman ini kurang begitu nikmat, karena diganggu oleh angin kencang yang bikin gue kedinginan. Hahaha. Gue pun segera cus setelah selesai makan. Gue kemudian muterin taman yang segede alaihim. Sempet pengen ke rumah tempat Augustusburg berburu dan memanah buruannya juga, tapi jaraknya agak jauh dari taman tersebut.

IMG_4337

IMG_4350

Tongseng!!

IMG_4369

IMG_4391

Puas di istana Augustusburg, yang menurut gue recommended banget, gue pun menuju Cologne untuk menjelajah Cologne, sekali lagi..

Sampai di Cologne, gue melewati Katedral lagi, yang tepat berada di samping stasiun Cologne, kemudian jalan-jalan ke pusat kota yang juga terdapat kota tua. Tujuan pertama adalah melihat Museum Tina Farina, orang yang membuat Eau de Cologne. Sayangnya hari itu tidak ada kelompok tur berbahasa Inggris, adanya Bahasa Jerman, jadi ga bisa menjelajah museumnya. Untuk masuk museum ini kita harus mengikuti kelompok tur yang sudah ditentukan jamnya setiap harinya. Ga boleh main ngeloyor masuk gitu sendirian. Di bagian depan museum, dijual berbagai pernak Pernik dan tentunya Eau de Cologne. Asli ! Masih dari bahan yang sama yang dibuat oleh penemunya, si Farina ini. Btw, Farina ini cowok loh, kaya cewe ya namanya! Hahahha.

Selain Farina, ternyata di sini ada juga Eau de Cologne lain yang cukup besar. Bisa dibilang dia meniru Farina, tapi karena beda jenis, ga tau juga sih bisa dibilang meniru apa ga. Yang jelas gedungnya lebih gede dan modern daripada si museum Farina, makanya keliatan dia yang lebih menonjol.

IMG_4417

Old city

IMG_4422

Farina Museum

IMG_4425

Farina Museum, eau de cologne di mana2

IMG_4436

Rhein river

IMG_4413

Habis itu gue ngider-ngider lagi di pusat kota sambil makan french fries ala German ! Hahahha. Bisa dibilang french fries ini porsinya cukup besar, sampe gue ga abis dalam sekali makan. Hahahha.

IMG_4431

Perjalanan pun dilanjutkan ke Old Town kemudian ke sungai Rhine lagi. Di sepanjang sungai Rhine ada bangunan warna warni yang cakeppp banget hihi. Sebenernya itu adalah restoran, tapi bangunannya kece banget dan Instagram-able. Haha.

IMG_4437

Colorful house near the river

Waktu sudah menunjukkan pukul 7 dan gue udah cape jalan-jalan. Megabus masih 3 jam lagi, bengong di depan sungai Rhine juga ga mungkin, karena udaranya dingin mampus. Akhirnya gue memutuskan melipir ke Coffee Bean buat menghangatkan diri, ngecharge sekaligus nge-wifi. Hahahha. Btw, toilet di Coffee Bean ini ada kodenya. Dan kita dikasih kode sama Baristanya saat melakukan transaksi pembelian. Hal ini untuk mencegah sembarang orang pipis gretongan di sana hahahah. Boleh juga idenya!

Akhirnya setengah 10 tiba! Gue pun berjalan ke arah halte Megabus untuk pulang ke Mulhouse. Auf Wiedersehen Germany! 😀 😀

IMG_4448

Advertisements

5 thoughts on “Travelling ke Barat Jerman (3): Bruhl-Cologne

  1. Pingback: Travelling ke Barat Jerman (2): Bonn | see. taste. tell

  2. Hi There,

    ngga sengaja lihat post di backpacker dunia FB. mau tanya dong, saya tahun depan rencana ke Jerman (masih rencana sih) baik nya kesana bulan apa dan kota kota apa yang worth untuk dikunjungi ya? thanks!

    ps: kameranya pake apa kalau boleh tau, hasilnya bagus

    -Elisa

    Like

    • Halo! Hmmm rencana ke jerman aja apa ke negara lain jg? Kalo jerman aku baru pernah ke 6 kota: frankfurt, köln, dusseldorf, bonn, berlin sm munich. Yang recommended di antara itu sih berlin sm munich. Hmm tapi jujur gw lbh suka negara lain dibanding jerman. Mungkin kamu bs ke negara sekitar jerman jg kaya prancis, swiss atau itali 😉

      Hmmm untuk bulan sih tergantung km maunya pas apa. Tiap bln ada kelebihan dan kekurangan masing2. Kalo pas winter dingin bgt, gw ga rekomen sih, tp kalo mau liat salju bisa. Gue sih lebih suka musim panas, antara juni-agt. Tapi setau gue low season dimana dpt tiket pesawat murah dr indo itu antara okt-nov atau mar-apr. tergantung kamu prefer yang mana.

      Kalo kamera cuma pake iphone 5c aja hehe. Happy travelling ya!

      Like

  3. Hii cuni, salam kenal yes… Eh, aku nov ini mau ke Bonn utk liputan COP23. Boleh kah minta kontak Laura, soalnya gw belom pernah ke Eropa, dan ngeliat postingan loe, jd pingin keliling yaa..hehee… Gak deh, gw siy berharap bs dapet info lebih banyak ttg Bonn dari Laura.. 🙂
    Eniwei, gw Puspita Ayu (tata) gw penyiar&reporter di RRI.. Thx yaa

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s