Strasbourg, I’m In Love

Sampai detik ini, gue sudah menyambangi kira-kira 12 kota di Prancis dan kalo ditanya kota apa yang paling gue suka, jawabannya pasti Strasbourg. Kota ini ga gede, ga kecil, tapi sangat menarik. Gw udah 3 kali ke sana dan ga pernah bosen. Gw sih saranin kalo mau ke Strasbourg mending pas bulan Desember sekalian, karena di sana ada Christmas Market paling besar di Prancis, sampai disebut Christmas Capital. Satu kota ada 12 area Christmas Market dan dimana-mana lampu, berasa magis deh. Soal Christmas Market ini bakal gue bahas di postingan lain. Sekarang gue bakal cerita tentang tempat-tempat yang bisa kamu kunjungin di Strasbourg.

Strasbourg adalah ibukota dari region Alsace, region yang berada di sebelah timur Prancis, dekat dengan perbatasan Jerman. Strasbourg pernah beberapa kali menjadi wilayah Jerman, oleh karena itu banyak sekali tradisi yang mirip dengan Jerman, seperti Christmas Market itu. Selain itu, di sini juga nama jalannya ditulis dalam 2 bahasa, Prancis dan Jerman. Strasbourg itu kota yang bener-bener komplit menurut gue, ada bangunan bangunan tua, tepatnya rumah rumah khas Alsace yang cantik banget dan suka dijadiin shooting film Disney; ada bangunan bangunan klasik kaya di kota-kota Prancis yang lain; dan juga ada Parlemen Eropa yang kompleksnya bener-bener keliatan modern.

So, ke mana aja kalo jalan-jalan ke Strasbourg?

  1. Petite France

Ini ada di nomer 1 tempat yang musti kamu datengin di Strasbourg, versi gue. Bahkan menurut gue area ini lebih penting dibandingkan Cathédrale-nya. Di Petite France ini kita bisa liat kanal kecil dikelilingin rumah-rumah khas Alsace. Beda banget rasanya pas nyampe sini, ga kaya di Prancis hihi. Ga heran deh, rumah-rumah Alsace macam gini suka dijadiin tempat syuting disney. Kaya lagi main ke dunia ajaib hihi. Selain di Strasbourg, ada jg area serupa kaya gini tapi lebih bagus dan colorful menurut gue, yaitu di Colmar, sebuah kota kecil dengan jarak setengah jam dari Strasbourg. Si Petite France ini kelihatan lebih cantik kalo summer atau awal musim gugut, karena di sepanjang kanal bakal ditaruh bunga warna warni. Kalo musim dingin, bunganya udah ga ada lagi karena ga kuat sama cuaca dingin.

IMG_4725IMG_4726IMG_4724IMG_4721IMG_4727IMG_4730

IMG_7607

2. Cathédrale Notre Dame de Strasbourg

Katedral paling gede di Strasbourg. Tempatnya bagus, di sekitar notre-dame juga ada berbagai museum, dari museum sejarah, arkeologi dan masih banyak lagi. O ya, di deket sini juga ada Tourism office, bisa minta peta kota Strasbourg di sini. Selain itu, di deket sini juga ada salah bangunan unik bergaya gothic yang bernama Maison Kammerzell.

17

Cathédrale Notre-Dame de Strasbourg tampak depan

19

Bangunan khas Alsace di sekitar Cathédrale

20

Kalo di sini ga ada tukang gorengan, adanya tukang marrons alias chestnut!

18

Maison Kammerzell yang sekarang sudah berubah fungsi jadi restoran

  1. Place Gutenberg

Jalan dikit dari katedral, ada tempat yang namanya Place Gutenberg. Kalo di Prancis, « Place » itu berarti kaya tempat besar, biasanya di pusat kota, di mana orang bisa ngumpul-ngumpul, duduk-duduk, dan lain sebagainya. Di Place Gutenberg ini juga ada Carousel alias komidi putar. Adem rasanya duduk di sini sambil ngeliatin rumah-rumahan Alsace.

21

  1. Place Klèber

Agak ke sana lagi ada yang namanya Place Klèber, ini kaya pusat kotanya Strasbourg gitu. Di sini ada macem-macem, dari McD sampai Galerie Lafayette. Bahkan pas pembukaan Christmas Market di Strasbourg, Anggun C. Sasmi nyanyi di sini, di tempat pohon natal super gede dipasang.

11IMG_4711IMG_4709

  1. Place Broglie

Di tempat ini ada gedung opéra yang di depannya ada patung Leclerc (salah satu tokoh pembebasan Strasbourg); city hall dan berbagai bangunan penting lainnya.

12

Place Broglie

13

Gedung Opéra

  1. Gallia

Selain Katedral, ada juga gereja bagus bernama Eglise St. Paul di daerah yang namanya Gallia. Paling enak ngeliat gereja ini dari stasiun tram. Bisa keliatan, ada kanal di depan gereja ini dan jadinya cakeppp banget. Di sisi seberangnya, juga keliatan pemandangan kanal yang cantik dan cocok buat tempat melihat sunset.

IMG_7637

Pemandangan ini didapat dari stasiun tram Gallia. Gereja St. Paul yang di depannya ada kanal cantik.

IMG_7647

Masih di Gallia, tapi disisi yang satunya lagi. It’s sunset, babe!

  1. Place de la République

Tempat ini adalah salah satu taman gede di Strasbourg, letaknya di pusat kota dan dikelilingi oleh Palais du Rhin, gedung teater, bibliothéque universitaire alias perpus dan gedung prefektur. Di tengah taman ini ada sebuah monumen untuk mengenang para tentara yang meninggal dalam perang dunia 1.

15

IMG_7633

IMG_7625

Gedung Prefektur Bas-Rhin

  1. Palais Universitaire

Kalo punya banyak waktu, bisa coba masuk ke salah satu gedung di universitas Strasbourg di bagian yang deket sama Gallia. Aula-nya keren banget! Ga berasa kaya lagi di kampus. Gedung ini sekarang masih dipakai untuk tempat kuliah fakultas seni dan beberapa ilmu social. O ya, Universitas Strasbourg ini juga salah satu universitas terbaik di Prancis, loh. Buat yang mau kuliah di sini bisa dijadiin pertimbangan.

16

universitas strasbourg

Aula yang kece mampus. Foto diambil dari mbah Google karena foto gue ga tau kemana.

  1. Ponts Couverts

Terletak di ujungnya Petite France, area Ponts Couverts terdiri dari 3 jembatan dan 4 menara. Juga terdapat Barrage Vauban, semacam bendungan. Tempat ini cantik jika dilihat di malam hari ini karena ada pencahayaan yang warnanya silih berganti.

IMG_7570IMG_7572

  1. Parlemen Eropa

Uni Eropa memiliki 3 kota sebagai penyelenggara pemerintahannya, di Strasbourg, Brussel dan Luxembourg. Di Strasbourg, berdiri yang namanya Parlemen Eropa. Bentuk parlemen Eropanya sendiri menurut gue sih ok, ga bagus bagus gimana amat, tapi modern. Berasa beda banget sama di pusat kota Strasbourg. Di deket Parlemen Eropa juga ada Conseil d’Europe dan Palais des Droits de l’Homme (Hak Asasi Manusia).

parlement

Parlemen Eropa (foto diambil dari mbah google karena foto gue ga tau kemana)

Le Parlement Europeen a Strasbourg

Dalemnya Parlemen Eropa (diambil dari mbah Google, punya gue ga tau kemana)

  1. Kehl, Jerman

Strasbourg ini berbatasan dengan kota kecil bernama Kehl yang masuk ke dalam wilayah Jerman. Kalo kalian udah di Strasbourg dan pengen nginjakin kaki ke Jerman tapi ga punya banyak waktu, bisa coba ke Kehl, tinggal naik bus. Kotanya sendiri kecil. Anak anak PPI Alsace biasanya ke sana buat belanja mingguan/bulanan, karena harga barang-barang di Jerman lebih murah dari Prancis.

IMG_4792

Selain tempat-tempat di atas, kita juga bisa jalan kaki random muterin nih kota, pasti ada aja tempat lucu yang fotogenik. So, Enjoy Strasbourg !

IMG_4757

Tempat yang didapat karena random walk, kalo gue disuruh ke sana lagi juga gue ga bisa nemuin ini di mana hahaha.

Info tambahan :

1. Jika ingin berwisata dari Paris, bisa menggunakan kereta ataupun bis. Ada megabus, salah satu bis low budget yang bisa dinaiki dengan merogoh kocek sekitar 10 Euro.

2. Di dalam kota ada moda transportasi tram dengan harga 1,7 Euro untuk sekali perjalanan (bisa transit). Menurut saya pribadi sih, asal sudah sampai pusat kota, kemana mana kita bisa jalan kaki, kotanya tidak terlalu besar kok. Kecuali kalo kita mau ke Parlemen Eropa yang letaknya agak jauh.

3. Kalo sudah sampai Strasbourg, jangan lupa mampir ke Colmar. Kotanya cakep bgt!

 

Advertisements

3 thoughts on “Strasbourg, I’m In Love

  1. Pingback: Haut-Koenigsbourg, Kastil Terbesar di Alsace | see. taste. tell

  2. Pingback: Colmar, When A Magic Begins | see. taste. tell

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s